Tulisan Berjalan

WELCOME TO BLOG ERVINA SEPTYANINGTYAS

Rabu, 20 Agustus 2014

Artikel Prospek Kedepan Jurusan

      Sebagian besar dari masyarakat mungkin masih menganggap bahwa lulusan ( sarjana ) perikanan masa depannya tidak secerah lulusan dari jurusan lainnya.Tapi pemikiran kalau prospek perikanan tidaklah bagus ialah pemikiran yang tidak sepenuhnya benar. Mengapa demikian? Iya karena tahukah anda negara kita adalah negara yang luas daerah perairannya yang mencapai 2/3 dari luas daratan. Negra dengan garis pantai terpanjang di dunia ini memiliki pulau-pulau yang banyak bahkan pulau yang belum ditemukan juga masih banyak, serta negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi di perairan kita ini. Seperti kekayaan hayati berupa ikan, mollusca, terumbu karang, rumput laut dan masih banyak lagi lainnya.


      Nah....mengetahui hal seperti itum siapa yang bertanggungjawab unutuk mengelola serta melestarikan kekayaan laut yang telah kita miliki seperti ini? Selain pemerintah, alangkah baiknya penanganan kekayaan laut ini ditangani oleh pihak-pihak yang lebih tahu tentang seluk beluk dari laut. Mulai tau dari bagaimana ikan serta tau bagaimana cara menangani pelestariannya. Namun pada faktanya, sumber daya manusia yang ahli dalam bidang ini masih sangatlah terbatas dan minim, mengingat betapa luasnya perairan di Indonesia yang harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Apabila hal ini terus dan tetap dibiarkan begitu saja adanya, kekataan perairan Indonesia yang kita miliki ini akan hilang begitu saja. Bahkan parahnya lagi dapat dimiliki ( dicuri ) oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Misal seperti contoh terbatasnya kuantitas yang ada di perairan Indonesia dikarenakan kesalahan dalam eksplorasi sumber daya perikanan di laut (over fishing) atau keberlebihannhya masyarakat / nelayan yang menangkap atau menjaring ikan setiap harinya dengan jumlah yang sangat banyak tanpa memperdulikan komunitas dan ketersedianya ikan yang ditangkap di lautan tersebut. Hal ini juga dapat mengakibatkan terjadi tidak seimbangnya ekosistem dalam laut. Tentu kita tidak menginginkan hal ini terjadi bukan.
     Prospek luas kedepannya dari ahli perikanan ( budidaya perairan ) ini dapat bekerja dalam hal export-import, wirausaha, dalam pemerintah sebagai penggagas kebijakan, penyuluh, komunitas tentang perkreditan di bank dalam hal usaha perikanan, seorang peneliti, dosen, guru, dalam perindustrian dan masih banyak lagi.
      Dan secara garis besar ternyata jurusan Budidaya Perairan ini tidak sesederhana yang masyarakat awam pikirkan, namun sangat besar dampaknya untuk kemajuan serta perkembangan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar